Dullahan, Legenda Penunggang Kuda Tanpa Kepala


Banyak cerita tentang malaikat kematian yang telah beredar dikalangan masyarakat luas salah satunya adalah sososk Dullahan, legenda penunggang kuda tanpa kepala. Dullahan merupakan legenda yang berasal dari Irlandia. Konon katanya makhluk ini sangat mengerikan dan bahkan dapat membuat semua bulu kuduk berdiri. Seperti apakah sosok Dullahan?
Dullahan, Legenda Penunggang Kuda Tanpa Kepala
Inilah Ciri-Ciri Dullahan, Legenda Penunggang Kuda Tanpa Kepala
Dullahan merupakan sosok ghaib yang banyak ditakuti oleh masyarakat Irlandia. Makhluk ini memiliki ciri-ciri khusus yang dapat membedakannya dengan makhluk lainnya. Apa saja ciri-ciri Dullaham? Berikut adalah ciri-cirinya:
1. Tidak memiliki kepala atau kepalanya selalu di bawa dengan tangannya dan diangkat tinggi-tinggi untuk melihat lebih jauh.
2. Dullaham selalu menunggang kuda hitam atau menggunakan kereta yang ditarik oleh 6 ekor kuda dan memiliki ornamen kematian.
3. Dullaham memiliki wajah putih pucat dengan mulut sobek dari telinga satu ketelinga lainnya, memiliki mata berukuran kecil dan hitam yang dapat melihat dengan sangat tajam sehingga orang yang melihat mata ini akan diam terpaku.
4. Kepala Dullaham memiliki aura kehijauan sehingga dapat digunakan sebagai penerang dalam perjalanannya.
5. Memiliki postur tubuh tinggi tegap dan selalu ditutupi dengan jubah hitam.\
6. Selalu membawa cambuk, cambuk Dullaham pasalnya terbuat dari sulaman tubuh manusia yang telah meninggal dunia.
Itulah beberapa ciri-ciri makhluk legenda si penunggang kuda tanpa kepala yang telah ditakuti oleh masyarakat Irlandia.
Inilah Asal Usul Dullahan, Legenda Penunggang Kuda Tanpa Kepala
Banyak sekali cerita dan mitos tentang asal usul makhluk ghaib Dullahan. Konon katanya Dullaham merupakan perwujudan dari dewa Crom Dubh yaitu dewa kesuburan Celtic. Dewa ini telah banyak dipuja oleh raja-raja kuno, salah satunya adalah raja Tighermas yaitu raja bangsa Irlandia. Raja Irlandia ini selalu mempersembahkan satu nyawa rakyatnya untuk dijadikan tumbal dalam pemujaannya untuk menyenangkan hati dewa Crom Dubh. Tradisi ini telah dilakukan secara turun temurun, namun pada abad ke-6 tradisi ini mulai ditinggalkan karena masuknya agama Kristen di Irlandia karena taradisi ini tidak sesuai dengan ajaran Kristen dan tidak berperikemanusiaan.
Meskipun tradisi ini telah lama ditinggalkan, namun dewa Crom Dubh masih menginginkan tumbal nyawa sehingga dia mengambil nyawa manusia yang diinginkannya secara langsung yaitu dengan menjelma sebagai Dullahan, legenda hantu penunggang kuda tanpa kepala.
Mengapa sosok Dullahan sangat ditakuti oleh masyarakat Irlandia? ternyata ada beberapa alasan mengapa makhluk ini sangat ditakuti yaitu:
1. Dullahan dapat mencabut nyawa seseorang yang dia inginkan hanya dengan memanggil namanya saja. Sosok ini langsung mengambil nyawa seseorang tanpa melakukan peringatan terlebih dahulu sehingga makhluk ini dapat leluasa mengambil nyawa seseorang yang dikehendakinya dengan sesuka hatinya.
2. Jika seseorang pernah melihat sosok Dullahan maka orang tersebut akan segera meninggal dunia.
3. Sosok Dullahan sangat tidak suka jika dipergoki, dia akan menyiramkan darah kepada orang yang memergokinya dan menandakan bahwa dialah korban selanjutnya, selain itu makhluk ini akan mencambuk orang yang memergokinya dan cambukannya itu dapat menyebabkan seseorang mengalami kebutaan. Inilah salah satu kisah hantu tanpa kepala paling menyeramkan di Irlandia.
Sosok Dullahan sering muncul di acara-acara besar seperti perayaan atau festival terutama pada festival penghormatan dewa kesuburan yaitu Crom Dubh yang diadakan oleh rakyat Irlandia. Festival ini biasa dilaksanakan pada akhir bulan Agustus atau kadang di awal bulan September.
Ternyata sosok Dullahan memiliki satu kelemahan yaitu emas murni. Makhluk ini tidak akan berani mendekat jika terdapat emas murni meskipun hanya kecil, sehingga dalam festival penghormatan Crom Dubh semua rakyat Irlandia membawa emas murni meskipun hanya satu koin emas agar terhindar dari makhluk Dullaham.
Itulah beberapa informasi seputar Dullahan, legenda penunggang kuda tanpa kepala yang telah berkembang di masyarakat Irlandia sejak dahulu kala

Sumber 


0 Response to "Dullahan, Legenda Penunggang Kuda Tanpa Kepala"

Post a Comment